Basic Data Model

Dalam pemodelan data terdapat 3 model dasar untuk membuat sebuah database diantaranya adalah:

  1. Hierarchical Models,
  2. Networks Models, dan
  3. Relational Models.

Dari ketiga model dasar tersebut, secara umum pada saat ini sering sekali kita menggunakan Relational Models untuk membuat sistem informasi yang umum.  Namun beberapa model lainnya bisa digunakan untuk keperluan sistem yang lebih spesial dan kompleks.  Oleh karena itu, kita juga wajib mengetahui mekanisme dari model-model lainya selain relasional.

Model Hierarki

Perhatikan gambar dibawah ini, untuk database dengan model hierarki  data yang menjadi prioritas utama/lebih umum ditempatkan di paling atas, misalkan sistem akademik yang dibuat dengan model hierarki menetapkan data universitas di atas, kemudian dibawahnya terdapat jurusan, program studi, kelas, dosen, mahasiswa dan lainnya.  Untuk lebih memahai model ini, kita bisa gambarkan model hierarki ini seperti model Folder dan File pada hardisk.

Apabila kita ingin mengambil data student, maka kita harus menelusuri data tersebut dari atas, yaitu universitas, department, dan kemudian kita bisa mendapatkan student.

hierarki model

 

Model Network

Pada model Network, semua data terhubung satu sama lain layaknya sebuah jaringan komputer. (Perhatikan gambar dibawah ini).

Data Departemen terhubung kesemua data (student, professor, dan course), dan juga sebaliknya.  Sehingga pada data model ini memiliki kemudahan untuk mencari karena semua terhubung, namun akan mengakibatkan kompleksitas data yang besar.

Network Models

 

Leave a Reply