Kegunaan Aplikasi Sistem Database

Seiring perkembangan teknologi, database merupakan hal yang sangat penting di bidang apa saja. Berikut adalah beberapa kegunaan sistem database yang digunakan di perusahaan-perusahaan:

  1. Perbankan, dalam perbankan sudah pasti database ini digunakan untuk menyimpan data nasabah, data transaksi perbankan (setor/tarik), peminjaman kredit, dan data lainnya.
  2. Telekomunikasi, dalam industri telekomunikasi database juga banyak digunakan untuk informasi pengguna kartu, menyimpan data transaksi (isi/penggunaan pulsa), data tagihan (prepaid), data rekaman panggilan dan lainnya.
  3. Penerbangan, dalam industri penerbangan, database digunakan untuk pemesanan tiket, jadwal penerbangan, data penumpang, data kru pesawat, data pesawat dan lain sebagainnya.
  4. Keuangan, sudah pasti bahwa untuk keuangan database dibutuhkan untuk merekam transaksi harian, bulanan bahkan tahunan, untuk penjualan dan lainnya.
  5. Penjualan Online, penjualan online menggunakan database untuk menyimpan data pelanggan, menyimpan stok barang yang dijual, rekam transaksi pembelian, dan lainnya.
  6. Manufaktur, dalam industri manufaktur database digunakan untuk mendata supply/stock material, hasil produksi, inventory, werehouse, dan lainnya
  7. Pendidikan, dalam dunia pendidikan seperti sekolah dan universitas digunakan untuk menyimpan data siswa, jadwal pelajaran, data guru, data pembayaran siswa, data nilai siswa dan lainnya.
  8. Dan lainnya.  Hampir semua bidang bisnis sekarang ini yang menggunakan komputer dalam pengoperasianya membutuhkan sistem database.

One Reply to “Kegunaan Aplikasi Sistem Database”

Leave a Reply