Database & Database Management Systems

Database Management Systems

Setelah mengetahui perbedaan data dan informasi, selanjutnya kita akan mempelajari apa itu database dan apa itu Database Management System (DBMS).

Database adalah sekumpulan/koleksi data dari data yang memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Misalkan:

Data 1:    Nama = Andi, Tempat Lahir = Cirebon, Tanggal Lahir = 7 Agustus 1997

Data 2:    Nama = Susi,  Tempat Lahir = Pekanbaru, Tanggal Lahir = 3 Mei 1995

Data 1, dan 2 memiliki kesamaan memiliki nama, tempat lahir, dan tanggal lahir.  Sehingga data 1 dan data 2 bisa kita kumpulkan/koleksi menjadi sekumpulan data yang sama atau bisa kita sebut database.


Sedangkan Database Management Systems, adalah secara ringkas bisa kita katakan bahwa Sistem yang Mengatur Database. Sebagai contoh pada data diatas:

Kumpulan Data Mahasiswa:

Data 1:    Nama = Andi, Tempat Lahir = kota1, Tanggal Lahir = 7 Agustus 1997

Data 2:    Nama = Susi,  Tempat Lahir = kota2, Tanggal Lahir = 3 Mei 1995

Kumpulan Data Kota:

Data 1: Id = kota1, Nama = Cirebon

Data 1: Id = kota2, Nama = Pekanbaru

Dari kedua kumpulan data diatas (data mahasiswa dan data kota) keduanya memiliki hubungan yaitu nama kota, dengan kata lain kumpulan data mahasiswa memiliki hubungan dengan kumpulan data kota. Nanti fungsi DBMS inilah bertujuan untuk mengatur hubungan dari kedua kumpulan data tersebut.

Hubungan dari kedua kumpulan data tersebut disebut Relasi. Untuk membuat Relasi tidak bisa sembarangan, karena ada aturan-aturan khusus yang harus ditaati dan dipenugi yang di dalamnya termasuk pengaturan untuk DBMS. Aturan-aturan tersebut akan kami bahas secara terstruktur pada pelajaran-pelajaran berikutnya. Oleh karena itu, diharapkan anda harus pelajari pelajaran ini dengan terstruktur satu persatu dan tidak loncat-loncat.

Apakah anda sudah mengerti perbedaan keduanya?

One Reply to “Database & Database Management Systems”

Leave a Reply