10.5 Membaca File

Membaca File

Untuk membuat sebuah aplikasi yang dinamis, beberapa aplikasi biasanya menulis sebuah konfigurasi di dalam file dan membuka file tersebut saat aplikasi dijalankan.  Oleh karena itu, pada pelajaran kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana membaca file *.text yang sudah kita buat.
Untuk membuat aplikasi untuk membaca file sederhana, pertama buatlah sebuah file *.text dengan nama file apa saja, lalu di dalamnya diketik beberapa kata.
baca.txt   (Yang berisi seperti contoh dibawah ini, simpan file ke direktori D:\baca.txt)
101010
Desi Ratnasari
Desi Ratnasari adalah seorang mahasiswa Universitas ABC.
Setelah file sudah dibuat, kita akan membaca file tersebut dengan menggunakan sebuah TextBox atau TextArea dan sebuah Button.  Pada konstruktor saat Button di click.

Kode Program:

private Void button1_click(){
string teks;
teks = System.IO.File.ReadAllText(@"D:\baca.txt");
Text1.Text = teks;
}

Dari kode diatas maka variabel teks akan berisi, kata yang ada di dalam File. Lalu dicetak kedalam textbox, arau RichTextBox yang sudah anda sediakan.  Anda juga bisa membaca teks dalam file tersebut dengan membacanya perbaris untuk kemudian diolah sesuai dengan kebutuhan anda, untuk mengambil data sebaris seperti pada kode dibawah ini:

Kode Program:

private Void button1_click(){
string[] teks;
teks = System.IO.File.ReadAllLines(@"D:\baca.txt");

//teks[0] adalah baris pertama
Text1.Text = teks[0];
}

Variable teks adalah sebuah array, akan menyimpan data perbaris sesuai dengan urutan teks yang ada di dalam file.  Dengan ini, anda bisa memanipulasi nya satu persatu, perbaris sehingga bisa di manfaatkan apabila ada beberapa yang terisi dalam sekali klik button.

Leave a Reply