4.6 Break dan Continue pada Looping

1

Dalam menggunakan looping, apabila ada kasus-kasus tertentu anda dapat memberhentikan paksa proses looping atau melewati satu bagian atau beberapa bagian looping dengan menggunakan break dan continue.  Berikut adalah penjelasan untuk break dan continue.
1. Break
Penggunaan break pada looping bertujuan untuk menghentikan seluruh proses looping secara paksa, biasanya break ditulis dalam looping dengan menggunakan logika if. apabila break tidak didalam logika if maka looping tidak akan pernah berjalan.  Kode program berikut akan menjelaskan fungsi dan manfaat menggunakan break.

Kode Program:

int a; a=0;
while(a<100){
if (a == 49){break;}
a++;
};

Pada kode program diatas, program melakukan looping dari 0 sampai 99, namun apabila a sudah mencapai nilai 49, maka looping akan berhenti.  Biasanya break digunakan untuk Sentinel Controlled While, saat kita tidak mengetahui kapan dan berapa kali looping, untuk menghindari looping tidak terbatas.  Berikut contoh program dengan sentinel looping.

Kode Program:

int x; x =0;
y = 100 - 2*x*x;
while(y>=0){  //apabila y negatif atau 0 maka program berhenti
y = 100 - 2*x*x;
x++;
}

Pada kode program diatas yaitu mencari nilai x saat y hampir bernilai negatif, biasanya digunakan dalam pelajaran matematika untuk mencari garis singgung dua buah garis.

2. Continue
Fungsi continue digunakan saat kita akan melompati sebuah kondisi tertentu dan melanjutkan looping ke kondisi berikutnya, berikut penjelasan dalam penggunaan continue.

Kode Program:

int a; a= 0;
while(a < 20){
if (a == 7){a++; continue; } //saat bertemu continue baris program dibawah ini tidak dibaca, tetapi langsung balik ke while lagi.
Console.WriteLine(a);
a++;
}

Pada kode program diatas program akan mencetak nilai a dari 0 sampai 19, namun tidak mencetak angka 7. Perlu diperhatikan, apabila menggunakan continue pastikan kondisi looping telah berubah (bertambah/berkurang). pada kode program diatas, sebelum menulis continue, ditulis a++ terlebih dahulu.  Karena apabila tidak diubah nilai a, maka looping akan stuck di kondisi itu-itu saja dalam hal ini adalah a =7.  Kecuali jika anda menggunakan looping FOR. Seperti kode program dibawah ini:

Kode Program:

int a;
for(a=0;a < 20;a++){
if (a == 7){continue; } //saat bertemu continue baris program dibawah ini tidak dibaca, langsung keatas for
Console.WriteLine(a);
}

Kode program menggunakan FOR diatas hasilnya sama seperti kode program while, hanya berbeda cara penulisan.

One Reply to “4.6 Break dan Continue pada Looping”

Leave a Reply