1.1 Jenis – jenis aplikasi komputer

screenshot-from-2016-10-16-201744

Aplikasi adalah sebuah tools perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan komputer untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan oleh penggunannya. Dalam perkembangan dalam aplikasi komputer, untuk saat ini (tahun: 2015)  aplikasi dibagi menjadi 4 jenis aplikasi sesuai dengan cara penyajiannya yaitu;
1. Aplikasi Command Line Interface (CLI),
2. Aplikasi Desktop Interface,
3. Aplikasi Web Interface,
4. Aplikasi Mobile Interface,
Dari keempat jenis aplikasi diatas, penting untuk diketahui bahwa perbedaan dari keempat jenis aplikasi tersebut berkaitan dengan sejarah perkembangan dalam dunia komputer sendiri. Oleh karena itu, apabila kita ingin belajar membuat aplikasi atau yang disebut belajar pemrograman.  Maka seharusnya kita belajar sesuai dengan alur perkembangan, dari dasar pemrograman menggunakan Console, hingga ke tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu membuat mobile.
Sering diantara kita kiranya terlalu terburu-buru dalam belajar, sehingga ilmu dasar dalam dunia pemrograman sering sekali dilupakan.  Padahal dengan mengerti dasar pemrograman, seorang programmer pastinya akan menghasilkan program yang cepat, stabil dan aman.  Karena dengan belajar dasar pemrograman, kita mengetahui karakteristik-karakteristik perintah atau syntax yang berkaitan dengan penggunaan RAM, Prosessor, dan device lainnya.
Pada pertemuan pertama ini, saya akan menjelaskan beberapa jenis-jenis aplikasi sesuai dengan cara penyajianya pada pelajaran selanjutnya.

One Reply to “1.1 Jenis – jenis aplikasi komputer”

Leave a Reply