9.3 Menghapus item pada Listbox dan ComboBox

1

Selain menambah item kedalam ListBox/ComboBox, kita juga harus bisa melakukan proses menghapus item pada ComboBox. Dalam metode menghapus item, kita mengenal beberapa kemungkinan/cara dalam menghapus diantranya:

1. Menghapus diawal,
2. Menghapus diakhir, dan
3. Menghapus ditengah sesuai keinginan.

Untuk menghapus item dalam sebuah List, kita harus mengetahui urutan item tersebut.  Sama seperti array, List memiliki index yang dimulai dari nol.  Oleh karena itu kita harus mengetahui indeks keberapa items tersebut dalam sebuah list.

Untuk menghapus item pada ListBox/Combobox kita bisa menggunakan perintah Listbox.Items.RemoveAt(indeks).  Oleh karena itu kita harus tahu index item tersebut bernilai berapa?

1. Apabila item yang dihapus adalah item pertama maka kita dapat menulis Listbox.Items.RemoveAt(0);
2. Apabila item yang dihapus adalah item terakhir maka kita dapat menulis Listbox.Items.RemoveAt(ListBox.Items.Count-1),
    Jumlah dari item listbox dihitung menggunakan Count, karena dimulai dari 0, maka count – 1
3. Apabila item yang dihapus adalah item yang kita pilih, maka kita harus tahu posisi items tersebut dengan menggunakan ListBox.SelectedIndex;

Untuk menjelaskan bagaimana mendapatkan nilai index, Perhatikan gambar dibawah ini, dan buatlah seperti pada gambar berikut:

Lampiran gambar

Gambar 01: Mencoba mendapatkan indeks item dari item yang dipilih

Apabila anda sudah dapat mengambil index sesuai dengan list yang ditunjuk pada item di dalam list tersebut, anda dapat menggunakan ListBox.Items.RemoveAt(Indeks yang dipilih).  Silahkan perhatikan video berikut ini, dan cobalah membuat seperti pada video berikut.

One Reply to “9.3 Menghapus item pada Listbox dan ComboBox”

Leave a Reply