9.1 Membuat aplikasi Graphical User Interface

1

Software berbasis GUI, berbeda dengan software hasil dari Console.  Dalam program Console, aplikasi hanya bisa diakses dengan menggunakan Keyboard. Sedangakan pada aplikasi dalam bentuk user interface, aplikasi bisa diakses dengan menggunakan Keyboard dan Mouse. Aplikasi dengan user interface biasa disebut Aplikasi Desktop, dengan tampilan yang berupa textbox, tombol dan lainnya.
Untuk membuat aplikasi desktop ini, anda dapat memilih project “Windows Form Aplication”. Untuk lebih jelaskan silahkan melihat video pada lesson berikut.

Lampiran gambar

Gambar 01: Memilih Windows Form Aplication Project untuk membuat Aplikasi Destop

Untuk membuat aplikasi desktop pertama kali, kita harus fokus ke dalam tiga bagian,

1. Form Kerja,

2. Toolbox > Common Controls, dan

3. Properties > Name, Text

Berikut penjelasan dari ketiga fokus kita dalam membuat aplikasi dekstop pertama kali:

Lampiran gambar

Gambar 02: Form kerja untuk membuat aplikasi Desktop

Pada form ini anda dapat mendesain aplikasi anda dengan menempatkan objek-objek yang sesuai dengan tampilan aplikasi anda. dengan mendrag-drop objek pada toolbox di kertas kerja. Pada gambar diatas anda dapat mengubah ukuran dari form.

Lampiran gambar

Gambar 03: Toolbox pada sisi kiri kertas kerja

Pada sisi kiri kertas kerja, terdapat toolbox.  Pada pertama kali belajar GUI ini, kita fokuskan di bagian common control terlebih dahulu.  Lalu kalian bisa drag toolbox tersebut kedalam kertas kerja.  Kita pelajari yang sering digunakan terlebih dahulu yaitu untuk beberapa objek seperti: Label, TextBox, Button, ListBox, ComboBox, CheckBox dan RadioButton. Perhatikan gambar 03, untuk melihat toolbox dan bagian common control.

Selanjutnya, setelah toolbox di drag masuk keatas kertas kerja.  Klik kanan di salah satu objek dan pilih bagian properties.  Lalu akan muncul pada sisi kanan kertas kerja bagian properties.  Properties yang akan kita pelajari pertama adalah Name, dan Text.

Lampiran gambar

Gambar 04: Properties pada sisi kanan kertas kerja

One Reply to “9.1 Membuat aplikasi Graphical User Interface”

Leave a Reply