2.2 Tipe Data Primitif (Primitive Data Types)

7

Sebelum membuat program, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah variable. Untuk membuat variabel yang baik kita harus tahu bagaimana membuat variabel dengan menggunakan tipe data yang tepat. Besarnya penggunaan tipe data yang dimiliki sebuah variabel, sangat mempengaruhi kinerja RAM.

Tempatkan variabel dan tipe data yang tepat/sesuai dengan yang digunakan. Terlalu kecil mengeset data, akan menghasilkan error saat program berjalan di tengah.  Namun, apabila mengeset variabel dengan tipe data terlalu besar, maka apabila variabel tersebut tidak digunakan secara maksimal, akan boros/membuang RAM dengan percuma, sehingga program akan merasakan load yang lama.

Tipe data dasar, atau yang sering disebut “Primitive Data Types
Berikut adalah tipe data dasar yang akan dipelajari:

1. Boolean 
Tipe data boolean adalah tipe data primitive dengan isi data terkecil dari semua tipe data, memiliki nilai berupa true atau false.
2. Char
Tipe data karakter dapat menyimpan beberapa nilai seperti huruf, angka dan simbol. Tipe data ini tidak dapat diisi melebihi jumlah digit/anggota yang ditentukan saat pertama kali.
3. Integer
Tipe data integer dapat menyimpan  nilai hanya berupa angka pada bilangan bulat saja. Angka didalamnya termasuk negatif dan positif, namun tidak bisa menggunakan koma atau desimal.
Silahkan membaca artikel berikut untuk mempelajari mengenai tipe data integer: Membuat variabel tipe data Integer
4. Float
Tipe data float dapat menyimpan nilai hanya berupa angka desimal. Angka didalamnya termasuk negatif dan positif, namun tipe data float hanya bisa menyimpan beberapa digit saja dibelakang koma,
Silahkan membaca artikel berikut untuk mempelajari mengenai tipe data Float: Membuat variabel dengan tipe data Float
5. Double
Tipe data double dapat menyimpan nilai hanya berupa angka desimal. Angka didalamnya termasuk negatif dan positif, tipe data double dapat menyimpan banyak digit dibelakang koma, seperti pembagian yang tidak akan habis, harus menggunakan double.
6. Enumerasi
Enumerasi adalah tipe data yang menyimpan nilai berupa kumpulan/himpunan/enum dari beberapa angka/huruf yang terstruktur dan seolah-olah angka bisa mewakilkan keberadaan kata.  Biasanya enumerasi digunakan untuk menyimpan konstanta.

4 Replies to “2.2 Tipe Data Primitif (Primitive Data Types)”

    1. Untuk yang baru belajar memang sedikit sulit, namun semua orang bisa mempelajarinya. Tidak sampai bertahun-tahun, mngkin untuk tahap belajar 1 bulan cukup, selanjutnya adalah pengalaman terlebih lagi apabila kita bisa percepat pemahaman kita dengan mengerjakan pekerjaan membuat program.

  1. Pingback: education college

Leave a Reply