2.1 Dasar Membuat Program

5

Pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari bagaimana menulis sebuah program dari dasar. Untuk menulis program kita harus tahu, dimana posisi pertama kali untuk tulis program.  Lalu mempelajari urutan penulisan program. Urutan penulisan program adalah sebagai berikut:

1. Deklarasi Variabel
Tahap pertama dalam membuat program adalah memberi tahu kepada komputer variabel yang akan digunakan beserta tipe datanya. Setiap baris program selalu diakhiri tanda titik-koma (semicolon) “;”
Contoh dari deklarasi variabel adalah:

Kode Program:

int a; //artinya variabel a nanti berupa integer (atau bilangan bulat  ..., -2, -1, 0, 1, 2, 3, ...)
string nama;//artinya variabel nama nanti berupa string atau kata/kalimat
double nilai, jumlah, rataan; //artinya apabila ada banyak variabel tapi dengan tipe data yang sama, variable doubel digunakan atau diisi dengan bilangan desimal (Double)

Pada bahasa pemrograman lainnya, mungkin saja variable tidak perlu di deklarasi, biasanya ketika mengeset nilai langsung mendeteksi tipe datanya masing-masing

2. Pengesetan Nilai (Mengisi nilai variabel)
Setelah melakukan deklarasi, tahap selanjutnya adalah mengisi nilai kedalam variabel.  Nilai yang dimasukan harus sesuai dengan tipe data yang di deklarasikan. seperti pada contoh dibawah ini:

Kode Program:

int a;
String kelas;
a = 90;  //bilangan bulat tidak berkoma
kelas = "Teknik Pemrograman";  //string (kata/kalimat) diapit dengan tanda petik 2, sebelum dan dia akhir kata

Mengeset nilai dengan mengisi variabel menggunakan “=” dan memberi nilai dengan mengisi sesuai dengan tipe data

3. Proses (Cetak ke layar, perhitungan matematik, persaamaan dan lainnya)
Dalam memproses variabel bisa diartikan melakukan perhitungan matematik, persamaan lainya, mencetak data kelayar, dan sebagainya.
Dalam melakukan proses ini, variabel yang diproses (dioperasikan) harus sudah melewati tahap deklarasi dan mempunyai nilai, apabila tahap pertama dan kedua belum dilakukan maka akan muncul kesalahan (error).
Contoh dari proses adalah sebagai berikut:

Kode Program:
int a, b, c;   //deklarasi
a = 1; b = 2; c=3; //set nilai
b = a+c; //proses
Console.WriteLine(a + b + c);  //proses mencetak ke layar Console

Setelah kode ditulis dengan ururtan yang benar (tidak terbolak/balik) maka anda dapat mengcompile/mengeksekusi program Command Line Interface dengan menggunakan Tahan CTRL+F5, agar windows command tidak langsung menutup. Untuk dapat mengikuti dan mempraktekan tutorial ini, silahkan tonton video youtube dari tutorial berikut.

One Reply to “2.1 Dasar Membuat Program”

Leave a Reply