1.4 Aplikasi Web

4
 Aplikasi web adalah aplikasi yang dibuat untuk melakukan sharing kepada user lain, aplikasi dijalankan menggunakan web browser dengan menggunakan kemampuan sharing komputer dalam jaringan.  User bisa mengakses aplikasi web hanya dengan menggunakan  aplikasi dekstop yang disebut Web Browser. Aplikasi web berbeda dengan aplikasi dekstop, karena aplikasi ini bertujuan untuk berbagi kepada user lain, oleh karena itu segala macam bentuk akses kedalam hardisk, atau proses pada komputer lain tidak diperbolehkan.

Mengapa dibuat aplikasi web? karena sharing menggunakan aplikasi dekstop dirasa tidak cukup aman, karena user lain dapat dengan mudah menghapus atau merubah hardisk user lain pada komputer lainnya yang terhubung lewat jaringan.  Sharing komputer melalui aplikasi dekstop hanya digunakan untuk Remote Desktop, atau hanya digunakan oleh seorang atau beberapa user yang memiliki akses ke komputer tersebut.  Selain itu, aplikasi web juga bisa diakses banyak user tanpa terlalu membebani komputer server yang menyediakan aplikasi website tersebut. Aplikasi web bisa dijalankan dengan menggunakan berbagai web browser, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer, dan browser lainnya.

Aplikasi browser membaca file web dalam bentuk kode HTML, lalu ditampilkan dalam bentuk yang sama ditiap browser, namun perilaku ditiap browser berbeda-beda, sehingga tiap programmer yang membuat website dituntut harus dapat beradaptasi dalam membuat web agar dapat diterima oleh setiap browser tanpa bug, biasanya pada tampilan web yang berbeda-beda tiap browser.
Apabila anda ingin membuat aplikasi dengan interface Web, anda bisa menggunakan HTML sebagai bahasa dasar, kemudian dilengkapi PHP untuk koneksi dengan database, atau Java.  Sedangkan anda dapat menggunakan CSS untuk tampilan website yang lebih menarik, dan Javascript untuk tampilan yang dinamis.
Dalam membuat web, bahasa pemrograman yang paling banyak dipakai adalah PHP, dan database MYSQL.  Lalu belakangan ini, sering digunakan Javascript agar website menjadi lebih dinamis.  Bahasa pemrograman PHP dan Javascript pada dasarnya sama seperi bahasa C, hanya saja anda perlu beradaptasi sedikit untuk memulai dalam membuat web.  Oleh karena itu, penting bagi anda yang pertama kali belajar pemrograman untuk mempelajari dasar pemrograman dengan menggunakan bahasa C, C++ atau C# terlebih dahulu.

3 Replies to “1.4 Aplikasi Web”

Leave a Reply