memahami static dalam program c#

ada waktu dimana anda ingin mendefinisikan sebuah anggota anda akan dugunakan secara independen oleh sembarang objek dari kelas tersebut. normalnya, suatu anggota kelas bisa diakses melalui sebuah objek dari kelasnya, tetapi dimungkinkan pula untuk menciptakan suatu anggota kelas yang bisa dipakai tanpa memerlukan instans kelas atau refrensi. untuk menciptakan anggota kelas semacam itu, pendeklarasiannya diawali kata kunci static. ketika sebuah anggota kelas dideklrasikan static maka ia dapat diakse sebelum sembarang objek dari kelasnya diciptakan dan tanpa memerlukan refrensi objek. anda dapat mendeklrasikan metode ataupun variabel sebagai static.

beberapa batasan pada metode static :
– metode static tidak memiliki referensi this. ini karena metode static tidak dieksekusi relatif terhadap sembarang objek.
– metode static dapat memanggil secar langsung metode static lain dari kelasnya. alasannya karena metode instans beroperasi pada objek spesifik, sedangkan metode static tidak dipanggil pada suatu objek  spesifik.
– batasan yang sama berlaku pada data static. sebuah data static hanya dapat secara langsung mengakses data static lain yang didefinisikan oleh kelasnya.

Leave a Reply