Bagaimana menulis program untuk pemula pada Visual C#

Untuk menulis sebuah program dalam bahasa pemrograman C kita harus mengetahui aturan yang berlaku dalam bahasa C sendiri untuk menulis program. Sebelum menulis program, kita harus tahu dimana posisi kita harus menulis program, berikut contoh menulis program dengan visual studio C#, menggunakan Console.

static void Main(string args[]){
//Tulis kode program disini
}

Untuk menulis program ada 3 tahap yang harus dilakukan secara berurutan apabila teracak, mungkin bisa menyebabkan error. Ketiga tahap tersebut adalah sebagai berikut:
Pertama adalah deklarasi variabel, dalam deklarasi variabel programmer memberitahukan bahwa sebuah variabel yang akan dipakai adalah tipe data, contoh deklarasi:

 bool bKonfirm;

int iNilai, iAngka;

double dRata;

Deklarasi variable ditulis
TipeData [spasi] namaVariable;

Nama Variabel dibuat dengan nama terserah yang diinginkan programmer, buat nama variabel yang mencirikan nama yang digunakan, Akan tetapi, nama variable tidak boleh sama dengan bahasa yang dipakai dalam pemrograman.

Kedua, Setelah deklarasi variabel di isi dengan nilai, atau mengeset sebuah nilai yang sesuai dengan tipe data dari variable yang sudah kita buat, contoh seting nilai:

 bKonfirm = true;
iNilai = 10;
iAngka = -3;
dRata = 9.6;
//atau dengan menginput dengan keyboard
angka = Console.ReadLine();
//nilai yang diinput harus angka bilangan bulat, tidak boleh koma

Ketiga, setelah melakukan input atau pengesetan variable, tahap selanjutnya adalah melakukan proses, mencetak ke layar, ataupun menulis kedalam file, tahap ini boleh dilakukan ataupun tidak. Tergantung keinginan user dalam membuat aplikasi. Contoh melakukan proses dan cetak kelayar:

//proses pindah/hitung ke variabel lain
dRata = angka*1.3;
//cetak kelayar
Console.WriteLine(dRata);

Perhatikan Video berikut ini:

 

Leave a Reply