Program Simple Menuliskan Nama Bangku Kereta Menggunakan Nested Looping

Hi para programmers handal, dengan saya lagi DARVIN. Kali ini saya mau menge-share pengetahuan saya tentang C# dan kali ini, saya akan membahas tentang Program Simple Memberi Simbol pada bangku Kereta menggunakan Nested Loops (For … For). Nested Looping adalah perpaduan antara looping satu dengan looping lainnya. Adapan aturan-aturan Nested Loops yang harus diperhatikan dalam penulisan:

— For … For

— For … While (Vice Versa)

— Do While … For (Vice Versa)

— Break and Continue

 

Untuk mempersingkat artikel ini, saya akan mulai menjelaskan 1 per satu code script program tersebut.

Code Script :

 

using System;

using System.Collections.Generic;

using System.Linq;

using System.Text;

 

namespace ccc

{

class Program

{

static void Main(string[] args)

{

 

1. Kita mendeklarasikan 2 type variable, int dan char. Saya menggunakan type variable char karena browse dari Mbah Google, type char akan dengan sendirinya mengurutkan alphabet dari A-Z karena C# sudah di set up demikian untuk mempermudah user. Contoh C# dalam mempermudah user, adalah Math.Pi, Math.Sin, dll

int angka; 

            char huruf;

2. Disini saya menggunakan nested looping dimana perpaduan for … for. Pertama, saya menge-set nilai variable angka ( 1 — 18 ). Nah, masih didalam for variable angka, saya menggunakan lagi for dengan variable huruf, nilainya ( A — D ). Nah, Mungkin ada pertanyaan dari readers sekalian, mengapa saya meletakkan Console.Write didalam for huruf??

Karena di dalam output, kita akan mencetak angka + huruf. Nah, jika misalnya Console.Write- nya diletakkan di dalam for angka tapi diluar for hurufHasil output-nya pasti akan tidak sesuai 100% dengan ketentuannya dimana nanti output-annya hanya angka saja (secara logika).

Note: 

— “\t”   >>   Tab dalam bahasa C#

 

            for (angka= 1; angka <= 18; angka++)

            {

                for (huruf= ‘A’; huruf<= ‘D’; huruf++)

                {

                    Console.Write(angka); Console.Write(huruf); Console.Write(“\t”);

                }

            }

}

}

}

 

Sekian dari program yang sangat simple ini dalam menuliskan nama bangku di kereta. Jika ada yang kurang jelas atau pertanyaan, feel free to comment below.

 

Regards,

 

 

DARVIN (1531120)

 

Leave a Reply