Menghitung Gerak Peluru dengan C#

Menghitung Gerak Peluru

Hai, dengan Ravia. Di kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat mini program “Menghitung Gerak Peluru”. Program ini dibuat sesuai konsep dasar mata pelajaran fisika SMA. Dengan program ini, kita dapat menghitung jarak x dan y suatu benda yang ditembakkan dari sudut elevasi tertentu pada waktu tertentu. So, let’s get started.

Keterangan: Penjelasan cara penggunaan Sin Cos Tan dapat dilihat di http://belajarc.com/index.php?kode=1403

Soal
Sebuah panah ditembakan 30 derajat ke arah titik AB berjarak 25 meter dengan kecepatan awal 40 km/jam. Tuliskan jarak dari sumbu x untuk tiap 0.5 detik dan ketinggian untuk tiap 0.5 detik dalam bentuk table!

  1. Deklarasi variable
    double t, x, h, g, sudut, Vo;
    dimana:
        t adalah waktu (s)
        x adalah jarak horizontal (m)
        h adalah ketinggian (m)
        g adalah nilai gravitasi
        sudut adalah kemiringan gerak peluru benda
        Vo adalah kecepatan awal (m/s2)

  2. Set nilai variable
    Vo = 11.11;   //sudah terubah ke m/s
    g = 9.8;
    sudut = 30;
    t = 0;

  3. Prose s  
    Do   //cetak perintah…
    {
    h = (Vo * Math.Sin(sudut / 57.2958) * t) – (0.5 * g * t * t);
    x = (Vo * Math.Cos(sudut / 57.2958) * t);
    Console.WriteLine(“     ” + t + “             ” + x + “       ” + h);
    t = t + 0.5;   //setiap kenaikan 0.5s
    }
    while (x < 25);   //saat x lebih kecil dari 25

Dapat dilihat dari gambar, bahwa hasil nilai yang kita terima sangat panjang desimalnya. Hal ini disebabkan karena data variable sudah dalam bilangan yang cukup rumit. Oleh sebab itu, saya akan memberikan contoh lain dengan konsep yang sama, namun dalam angka yang lebih bulat.

 

Contoh Soal
Sebuah peluru ditembakkan dengan kecepatan awal 100m/s dan sudut tembak 37 derajat. Jika diketahui g = 10m/s2, sin = 0.6, cos = 0.8, buatlah table keterangannya hingga t = 10s!

  1. Deklarasi variable
    double t, x, h, g, sin, cos, Vo;

  2. Set nilai variable
    Vo = 100;
    g = 10;
    sin = 0.6;   //Saya langsung memasukan nilai sin dan cos, agar lebih cepat dan bulat nilainya
    cos = 0.8;   //Anda boleh menggunakan rumus sin cos tan, hasil nilai akan berbeda, yaitu menjadi lebih tepat karena nilai sin cos tan belum dibulatkan
    t = 0;

  3. Share this: