Membuat Program Perhitungan Jarak GLB Dengan C#

Semangat pagi semua para user belajarc.com, nama saya Rahman Syahputra dari 1 SIPA, dalam artikel ini saya akan membahas tentang pemrograman yaitu langkah-langkah membuat program perhitungan jarak GLB dengan C#.

pertama-tama kita buka dulu aplikasi visual studio yang ada di PC kita, kemudian kita pilih template nya console application karena kita akan membuat dan menampilkannya dalam bentuk Command Line. Taraaaa, lembar kerja yang baru sudah terbuka. disin kita menggunakan arguments untuk input data, kenapa? agar dapat membuat data yang menjadi arguments bisa diinput nilai nya sesuai keinginan user nya. jadi saya membuat kecepatan dan waktu sebagai arguments, dan jarak sebagai daerah hasil.

Nah kita masukkan coding nya di lembar kerja kita itu. berikut coding nya :

//coding default saat kita membuat project baru, akan langsung muncul coding yang ini

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace ConsoleApplication1
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{

//memulai coding. kita melakukan deklarasi variabel nya terlebih dahulu, disini saya membuat variabel kecepatan, waktu dan jarak.

//membuat tipe data. tipe data nya saya buat double, karena double memuat input berupa bilangan real panjang sehingga memudahkan dalam perhitungan

double dKecepatan, dWaktu, dJarak;

//Mengeset nilai variabel. kita membuat variabel kecepatan dan waktu sebagai arguments agar nilai nya diinput oleh user sendiri.

//kemudian kita convert dulu tipe data variabel yang menjadi arguments, karena argument awalnya bertipe string(kalimat) ubah ke double(bilangan real panjang)

//arguments dimulai dari [0],[1], dan seterusnya.

dKecepatan = Convert.ToDouble(args[0]);
dWaktu = Convert.ToDouble(args[1]);

//melakukan proses terhadap variabel. Di bagian ini, kita membuat proses yang akan dikenakan terhadap variabel yang menjadi hasil output nya nanti. saya membuat hasil jarak didapat dari kecepatan dikalikan dengan waktu sesuai rumus GLB

dJarak = dKecepatan * dWaktu;

//Mencetak nilai ke layar. pada tahap ini kita membuat coding untuk mencetak nya ke layar, perintah nya bisa menggunakan Console.Write() atau Console.WriteLine() kita dapat membuat nya sesuai variasi yang ingin kita buat penampilannya seperti apa

//untuk perintah nya saya menggunakan Console.WriteLine() karena lebih teratur dalam mencetak baris setiap coding berbeda

//jika ingin mencetak nilai variabel nya yang sudah diinput oleh user, kita bisa menggunakan seperti +namavariabel, contoh : +dKecepatan

Console.WriteLine(“==========================================================================”);
Console.WriteLine(“PROGRAM UNTUK MENGHITUNG JARAK YANG DITEMPUH DALAM GERAK LURUS BERATURAN”);
Console.WriteLine(“==========================================================================”);
Console.WriteLine(“Jika diketahui sebuah benda bergerak melewati sebuah medium dengan kecepatan ” +dKecepatan);
Console.WriteLine(“dan benda tersebut bergerak dalam selang waktu ” +dWaktu);
Console.WriteLine(“Berapakah jarak yang ditempuh oleh benda tersebut?”);
Console.WriteLine(“Jawab: “);
Console.WriteLine(“Jarak = Kecepatan x Waktu sehingga didapatkan jaraknya adalah “+dJarak);
Console.WriteLine(“Terima Kasih”);
}
}
}

//lakukan penyimpanan file dengan tombol ctrl+S dan kemudian start debugging, atau dengan tombol ctrl+F5. jika saat melakukan debug mengalami error, kita bisa jalankan program nya melalui CMD (Command Prompt).

//untuk menjalankan melalui CMD, kita harus mengetahui letak direktori file nya, kemudian kita ketikkan perintah sampai kita masuk di direktori nya, dan kita panggil nama .exe nya lalu spasi ketikkan arguments pertama spasi lagi ketikkan arguments kedua nya lalu enter.
//misalkan C:\Users\user\Documents\Visual Studio 2010\projects\GLB>GLB.exe 7 10

//saran dari saya, untuk memastikan apakah program yang kita buat sudah baik dan benar, kita bisa cek hasil nya menggunakan alat perhitungan pasti.

 

Sekian dari saya, semoga bermanfaat buat kita semua dan dapat digunakan secara bijak. Amin

Terima Kasih

Leave a Reply