Pembuatan Program Prisma Segitiga Sama Kaki

 

Selamat malam. Pada hari saya akan menejelaskan tentang cara pembuatan program dasar dalam menghitung prisma sama kaki. Pada awalnya kita harus mengetahui rumusnya terlebih dahulu.

 

Volume prisma = LA x Tinggi prisma

 

Note : LA tergantung dengan alas prisma itu sendiri.

 

Prisma segitiga sama kaki

 

Volume = A x t : 2 x tingggi prisma

 

Luas permukaan = 2 x (a x t / 2)+2 x (sm  x  tinggi prisma)+ (a x tinggi prisma)

 

Note : luas permukan artinya menjumlahkan luas semua sisi yang ada.

 

 

 

Proses pemograman dalam C#

 

1.      Seharusnya kita harus memilih tipe data yang akan kita gunakan terlebih dahulu dan sesuai dengan kebutuha saja agar RAM yang terkuras tidak terlalu anak.

 

 

 

double a, t,p, v,l,sm ;

 

 

 

Note : saya memilih double karena pada proses pendarian sisi miring akan terjadi perkomaan yang mungkin sangat panjang.

 

2.      Selanjutnya kita mulai membuat dekripsinya dengan membuat fungsi dari masing-masing unsur yang sudah kita buat tipenya.

 

a = Convert.ToDouble(args[0]);

 

t = Convert.ToDouble(args[1]);

 

p = Convert.ToDouble(args[2]);

 

sm= Math.Sqrt(Math.Pow(a/2 ,2)+Math.Pow(t ,2));

 

v = Convert.ToDouble(a * t / 2) * p;

 

l = Convert.ToDouble(a * t) + (2 * sm * p)+(a*p);

 

Note : pada pembuatan artikel saya sayng menggunakan sistem argument dengan perintah “args”. Angka 0 1 2 adalah urutan dari proses yang kita input di smd. contoh : prisma.exe (a)(t)(p).

 

Note : Math.Sqrt adalah perintah untuk menjalankan perinah akar.

 

             Math.Pow adalah perintah untuk menjalankan pangkat.

 

             Contoh : Math.Pow(2 ,2); artinya 2 pankat 2.
               Math.Pow(2 ,3); artinya 2 pangkat 3.

 

3.      Sekarang saatnya kita melakukan tahap yang lebih penting yaitu proses penampilan ke layar atau tampilan yang dilihat oleh user.

 

Console.WriteLine(“hasil dari penghitungan prisma segi tiga sama kaki”);

 

Console.WriteLine(“~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~”);

 

Console.WriteLine(“alas = “+a);

 

Console.WriteLine(“tinggi =”+t);

 

Console.WriteLine(“sisi miring =” + sm);

 

            Console.WriteLine(“tinnggi prisma =” +p);

 

Console.WriteLine(“~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~”);

 

Console.WriteLine(“volume prisma =” + v);

 

Console.WriteLine(“laus permukaan prisma =” + l);

 

 

 

Note : tampilan ini hanya tampilan sederhana dan dapat di design sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan masing-masing.

 

 

 

Selamat mencoba. Apabila ada kekurangan mohon pengarahan dan kritiknya. Ini adalah tampilan perbaikan dari versi keran yang saya kumpul jadi satu dan saya menjelaskan lebih jelas lagi tentang prisma sama kaki.

 

Terima kasih,

 

Raprilzal Cannoto ^^

 

 

 

 

 

Leave a Reply